Pendakian Gunung Penanggungan 1653 mdpl via Tamiajeng

Gunung penanggungan merupakan gunung berapi yang sedang beristirahat. Gunung yang memiliki ketinggian 1653 mdpl ini sangat cocok untuk para pendaki pemula karena tracknya tidak terlalu ekstrim. Hal itu pula yang menjadi alasan saya mendaki gunung ini.

penanggungan,gunung,pendakian,mojokerto
Gunung Penanggungan

Saya dan 3 kawan merencanakan perjalanan ini jauh-jauh hari, namun pada hari-H 2 kawan saya menurunkan diri untuk ikut mendaki. Jadilah saya mendaki berdua dengan 1 kawan saya bernama maman, awalnya kami merencanakan untuk mendaki jam 8 malam. Namun rencana itu tertunda hingga 3 jam karena larut dalam obrolan hangat di rumah maman, seberes packing kami pun beranjak pergi meninggalkan hiruk pikuk kota Mojokerto menuju basecamp penanggungan yang ada di desa tamiajeng. Sebenarnya gunung penanggungan ini memiliki banyak jalur diantaranya jolotundo, ngoro,dan gempol. Namun saya memutuskan untuk mendaki via tamiajeng karena tracknya yang sudah jelas dan ramai.

BACA JUGA

Sesampainya di basecamp kami langsung mendaftar di loket perizinan, biaya masuk penanggungan via tamiajeng sebesar 15.000 sedangkan parkir motor sebesar 10.000. Di basecamp tamiajeng ini terdapat warung yang buka 24 jam. Di sebelah kiri pos perizinan terdapat pet air yang dapat diminum langsung kita juga dapat isi ulang air di pet ini karena tidak ada sumber mata air di jalur pendakian tamiajeng ini. Seberes mengurus simaksi kami langsung mendaki.

Pos Perizinan - Pos 2

Track awal pendakian masih landai dan tertutup vegetasi, butuh waktu sekitar 15 menit untuk mencapai pos 2 (normal 30 menit).

Pos 2 - Pos 3

Setelah pos 2 track mulai menanjak namun masih ada bonus di beberapa spot. Pos 2 ke 3 kami lampaui dengan waktu normal yakni 45 menit. Disini kami memutuskan untuk berhenti sejenak.

Pos 3 - Pos 4 - Puncak Bayangan

Seberes istirahat kami melanjutkan perjalanan track pos 3 - pos 4 - puncak bayangan masih sama dan masing pos kami lampaui 30 menit ( normal 1 jam). Dan di puncak bayangan ini batas vegetasi hutan sehingga untuk menuju puncak kita harus melewati track yang terbuka.

Puncak Bayangan

Sesampainya di puncak bayangan kami langsung mendirikan tenda dan tidur sejenak. Pukul 3 kami putuskan untuk summit attack, bersama beberapa pendaki lain kami perlahan-lahan mendekati puncak.

penanggungan,mojokerto,pawitra
Track menuju puncak

Puncak Bayangan - Puncak Pawitra

Track menuju puncak cukup sulit karena didominasi bebatuan besar dan curam. Ditambah dengan angin malam yang menghujam tubuh terus menerus. Di tengah perjalanan kita memutuskan untuk berhenti sejenak karena nafas sudah mulai berat. Kami beristirahat cukup lama karena fisik sudah banyak terkuras. Kami meminum kopi sambil menikmati kilau lampu kota yang indah. Seberes beristirahat kami melanjutkan perjalanan perlahan-lahan. Pukul 4:30 kami berhasil sampai di puncak berbarengan dengan sunrise yang indah. Namun sayang keindahan puncak pawitra tercemar karena masih banyak sampah yang bertebaran.

penanggungan,mojokerto,gunung
Puncak Pawitra

Oleh karena itu mari bersama-sama kita jaga kealamian alam dengan tidak membuang sampah sembarangan. Dan ingat. Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak, jangan ambil apapun kecuali foto, dan jangan bunuh apapun kecuali waktu.