Pendakian Gunung Welirang 3156 mdpl via Tretes

gunung arjuno,gunung welirang,pendakian,mojokerto
Gunung Arjuno Welirang

Gunung welirang merupakan salah satu gunung aktif yang berada di provinsi jawa timur. Nama welirang sendiri diambil dari kata walirang atau belerang, memang gunung ini masih digunakan sebagai tambang beleramg sejak masa kolonial. Gunung yang memiliki ketinggian 3156 mdpl ini terletak di kabupaten mojokerto. Gunung welirang ini merupakan sebuah gugusan gunung yang menjulang di 3 wilayah administrasi yang didalam gugusan terdapat gunung arjuna, kembar 1, dan kembar 2.

Gunung welirang sendiri sebenarnya memiliki 3 jalur yakni via tretes, via cangar, dan via purwosari. Namun, untuk yang terakhir kita harus melewati puncak arjuna terlebih dahulu. Untuk kesempatan kali ini saya akan menggambarkan bagaimana sih track yang akan kita lewati di gunung welirang via Tretes. Mari kita simak.
                Pada bulan desember lalu saya dan 3 kerabat saya melakukan pendakian gunung welirang. Ini merupakan pendakian kedua saya di jalur pendakian tretes, namun untuk pendakian pertama saya melakuakan pendakian ke puncak arjuno dan gagal di alas lali jiwo karena salah satu dari rombongan kelelahan. Tidak mau pengalaman pendakian pertama terulang kami pun melakukan persiapan lebih matang sebelumnya.
                Singkat cerita kami bersiap untuk berangkat ke basecamp tretes. Dibutuhkan waktu 45 menit dari pusat kota mojokerto menuju basecamp tretes. Sesampainya di basecamp kami memarkiran motor terlebih dahulu. Seberes memarkir kami langsung menuju pos perizinan, sekedar info untuk simaksi kita mengisinya di pos perizinan di atas  lahan parkir sekitar 30 menit berjalan kaki bukan di basecamp tempat berteduh didepan lahan parkir kemungkinan besar merupakan pungli.

Pos Perizinan / Pet Bocor – Kop-kopan

jalur tretes,mojokerto
Track Gunung Welirang

Seberes mengisi simaksi kami pun langsung memulai perjalanan, track awal pendakian masih landai dan ditutupi vegetasi hutan tropis. Estimasi  waktu yang dibutuhkan untuk sampai di pos kop-kopan sekitar 4 jam. Pada track ini terdapat banyak jalan pintas namun disarankan untuk yang baru pertama kali mendaki via tretes agar tidak menggunaan jalan pintas karena resiko terbesar ialah tersesat. Kita cukup mengikuti jalur utama yakni jalur bebatuan dengan lebar kurang lebih 3 meter, meski memakan waktu lebih lama tapi setidaknya kita tidak tersesat.

BACA JUGA

Sesampainya di pos kop-kopan kita langsung mendirikan tenda. Di pos ini terdapat warung makanan namun tidak setiap hari buka hanya di momen tertentu saja. Pada setiap pos jalur pendakian Arjuno – Welirang via tretes memiliki sumber mata air, jadi jangan khawatir kehabisan stock air. Seberes istirahat kami melanjutkan perjalanan.

Kop-kopan – Pondokan

gunung arjuno,gunung welirang,pondokan,mojokerto
Pos Pondokan

Track pendakian mulai melelahkan dan menguras tenaga. Disuguhi dengan track bebatuan yang membuat kaki pegal ditambah dengan kejamnya tanjakan asu. Semakin lama udara makin dingin dibarengi dengan perubahan vegetasi menjadi hutan pinus yang rapat. Butuh sekiranya 4 jam untuk sampai di pondokan.
                Pos pondokan merupakan tempat istirahat petani belerang disini juga terdapat warung makanan yang buka hari kamis dan minggu. Pos ini cocok untuk digunakan tempat camp karena dekat sumber mata air. Seberes mendirikan tenda dan makan indomie ditambah kopi kami pun terlelap.

Pondokan – Puncak Welirang

puncak welirang,mojokerto
Puncak Welirang

Pukul 9 pagi kami melakukan summit attack. Medan yang begitu curam tak membuat semangat patah, sempat beberapa kali tersesat karena mencoba menggunakan jalan pintas. Makin lama jalur makin curam, perlahan namun pasti kami terus berjalan. Setelah melewati tanjakan yang curam kita akan melewati jalur setapak dengan lebar kurang lebih 2 meter dan dibatasi oleh jurang. Tak lama kemudian puncak welirang mulai nampak dan asap belerang pun mulai pekat. Tak butuh waktu lama kami pun sampai di puncak. Butuh waktu 5 jam kami untuk sampai di puncak.

Sekian cerita dari saya ,satu pesan dari saya jangan tinggalkan apapun kecuali jejak, jangan ambil apapun kecuali foto, dan jangan bunuh apapun kecuali foto.