Pendakian Gunung Pundak 1585 mdpl via Tahura R.Soerjo

gunung pundak
Puncak Gunung Pundak

Gunung pundak merupakan bagian dari gugusan pegunungan Arjuna – Welirang. Gunung pundak yang masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya (tahura) Raden Soerjo ini berada di kabupaten mojokerto. Gunung dengan ketinggian kurang lebih 1585 mdpl ini cocok untuk para pemula atau juga untuk liburan keluarga. Pasalnya pendakian yang relatif singkat dan track yang masih standard menjadi nilai plus.

gunung pundak
Basecamp

Pendakian kali ini saya laksanakan dengan 1 rekan saya, kami berdua berangkat menuju basecamp Tahura sekitar pukul 8:30 malam dari rumah kawan saya yang berada di kota Mojokerto. Perjalanan menuju basecamp memakan waktu 1,5 jam di pertengahan jalan ketika memasuki Tahura kami diwajibkan membayar biaya restribusi sebesar Rp10.000 untuk 1 motornya.

Sesampai di basecamp kami mengurus simaksi di pos perizinan, untuk 2 orang dikenakan tarif Rp25.000. Setelahnya kami memulai pendakian, track awal pendakian ini cukup menanjak dan vegetasinya juga rapat dengan pohon cemara. Sekitar 30 menit berjalan terdapat pos pantau tahura sejenak kami melepas penat dan bercengkrama dengan pendaki lain yang juga beristirahat di pos tersebut. Setelah beristirahat sejenak kami melanjutkan perjalanan bersama rombongan pendaki lain. Track setelah pos pantau ini cenderung landai tapi masih ada beberapa tanjakan lagi.

Baca Juga Pendakian Gunung Putri, Lembang

Gunung Pundak
Pos Pantau Tahura

Setelah kurang lebih berjalan 20 menit kami menjumpai shelter, pada shelter ini terdapat persimpangan jalur pendakian puthuk pulosari dan gunung pundak. Untuk pendakian puthuk pulosari ambil arah kanan dari shelter sedangkan gunung pundak ambil arah kiri dari shelter. Track lebih landai disuguhkan setelah shelter dengan vegetasi hutan bambu. Kurang lebih 10 menit berjalan setelah melewati jembatan bambu kami menjumpai sumber mata air namun tidak begitu deras, tidak jauh dari sumber air pertama terdapat sumber air lagi. Di sumber ini air lebih deras dibanding sumber pertama, sejenak kami berhenti di sumber untuk mengisi air. Selepas mengisi air kami melanjutkan perjalanan, track mulai terjal dan sempit. Kami melipir di sisi jurang yang cukup dalam, setelahnya tanjakan terus menyambut.

Kurang lebih 30 menit bertarung dengan tanjakan terjal barulah terlihat sabana yang landai di ujung tanjakan, dan sesuai dengan dugaan puncak gunung pundak terletak tidak jauh dari sabana tersebut. Gunung pundak ini memiliki camp ground yang luas. Ada 3 pilihan campground disini yakni dipuncak pertama setelah sabana, adapun di puncak kedua yang berada di sisi timur puncak pertama, dan juga di hutan pinus sisi utara puncak pertama.

gunung pundak
Campground

Sekian cerita pendakian gunung Pundak 1585 mdpl dari saya. Tetap jaga alam Indonesia, dan bawa turun sampah pendakian anda.

SALAM LESTARI … WANI!!!

Estimasi waktu pendakian Gn. Pundak 1585 mdpl via Tahura R. Soerjo

Basecamp –  Pos Pantau Tahura                 = 30 menit

Pos Pantau Tahura – shelter                        = 20 menit

Shelter – Sumber air                                     = 10 menit

Sumber air – Puncak                                     = 30 menit

 

Estimasi biaya pendakian Gn. Pundak 1585 mdpl via Tahura R. Soerjo

Restribusi Kawasan R. Soerjo              = Rp10.000 / motor

Simaksi                                                   = Rp12.500 / orang

Parkir                                                      = Rp5.000 / orang

Post a Comment

0 Comments