Seven Summit Jawa Timur


Halo dulur, Apa kabar?. Bicara mengenai pendakian, pasti semua pendaki ingin menaklukan seven summit  di dunia maupun Indonesia. Namun, hal tersebut membutuhkan uang yang sangat besar. Oleh karenanya sebelum mencapai hal tersebut tidak ada salahnya kita menaklukan seven summit  di masing-masing daerah, gunung apa saja sih yang tertinggi di setiap daerah?. Nah, pada artikel ini saya akan membahas mengenai “Seven Summit Jawa Timur” atau 7 puncak tertinggi Jawa Timur. Apa saja gunung tersebut, simak ulasan berikut.

SEMERU


Seperti yang kita tahu jawa timur memiliki gunung-gunung yang menjulang tinggi, diantaranya adalah gunung semeru. Gunung yang terkenal dengan keindahan danau ranukumbolo ini merupakan gunung tertinggi di jawa timur bahkan pulau jawa. Sempat viral karena film tersohor di Indonesia “5cm” membuat gunung ini menjadi destinasi wajib bagi para pendaki Indonesia. Gunung semeru Ini terletak di dua kabupaten yakni kabupaten Malang dan kabupaten Lumajang. Dengan ketinggian 3676 mdpl menjadikan puncak tertinggi di Seven Summit Jawa Timur.

Baca Juga, Pendakian Gunung Semeru

RAUNG

Di urutan ke dua pada Seven Summit Jawa Timur adalah gunung Raung. Dengan ketinggian 3344 dan track yang ekstream membuat gunung raung menjadi salah satu momok bagi para pendaki. Jika ingin mendaki gunung ini disarankan untuk dengan pemandu atau guide, karena dibutuhkan keahlian dan peralatan khusus seperti harness, helm,dan carabiner untuk melewati track gunung ini.

ARJUNO

Untuk puncak tetinggi ke 3 ialah puncak gunung arjuno, dengan ketinggian 3339 mdpl menempatkan arjuno menjadi salah satu Seven Summit Jawa Timur. Gunung ini terletak di tiga daerah administrasi yakni kabupaten Malang, Kota Batu, dan kabupaten Pasuruan. Ada tiga jalur pendakian yang dapat dilalui yaitu jalur purwosari, tretes, dan sumber brantas. Gunung ini cukup popular dikalangan pendaki karena hal mistisnya.

LAWU

Menempati posisi ke empat di Seven Summit Jawa Timur gunung yang terletak di perbatasan Jawa Timur ini cukup diminati para pendaki. Selain ke eksotisan alam yang disuguhkan gunung Lawu iniada hal unik lain yang wajib dikunjungi para pendaki yang ingin mendaki gunung ini, yakni warung Mbok Yem. Warung dengan notabene “warung tertinggi di Indonesia” ini menjadi daya Tarik sendiri bagi para pendaki. Gunung dengan ketinggian 3265 mdpl ini, memliki 3 jalur pendakian yang dapat dilewati yakni Lawu via Candi Cetho, Cemoro Sewu, dan Cemoro Kandang.

WELIRANG

Selanjutnya ada gunung welirang, gunung yang masih satu gugus dengan gunung arjuno ini memiliki daya tarik sendiri. Terkenal dengan tambang belerangnya yang melimpah tak jarang kita akan betemu ppenambang belerang dengan gerobaknya jika ingin mendaki menuju puncak. Gunung dengan ketinggian 3156 mdpl ini adalah bagian dari Seven Summit Jawa Timur.

Baca juga, Pendakian Gunung Welirang

ARGOPURO

Gunung yang berada di dataran tinggi “Yang” atau di daerah administrasi Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Situbondo ini terkenal dengan track nya yang panjang. Butuh setidaknya 6 hari untuk menaklukan puncak gunung ini. Kealamian yang masih terjaga dan masih banyaknya satwa liar menambah pengalaman dalam pendakian. Dengan ketinggian sekitar 2745 mdpl gunung ini patut dimasukkan dalam waiting list pendakian kalian.

SUKET

Yang terakhir adalah gunung Suket. Gunung yang terletak di Bondowoso ini memilki ketinggian 2950 mdpl. Gunung ini berdiri berdampingan dengan gunung Raung, kondisi alam yag masih alami dan view yang indah menjadi nilai lebih gunung ini.

 

Itulah jajaran gunung yang masuk dalam daftar Seven Summit Jawa Timur. Sekian dari saya tetap ingat Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak, jangan ambil apapun kecuali foto, dan jangan bunuh apapun kecuali waktu.

 

 

Salam lestari… Wani !


Post a Comment

0 Comments